Senin, 20 Maret 2017

RPS Ilmu Pendidikan Islam 2017

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM 2017
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA - YOGYAKARTA

A. Identitas Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah  
: Ilmu Pendidikan Islam  
Kode Mata Kuliah
: 42201122
Kelompok  MK
: MKB
Tipe Mata Kuliah
: Wajib
Bobot Kredit
: 3 SKS
Semester
: II
Co- Requisite
: Dasar-dasar Pendidikan
Program Studi
: Pendidikan Agama Islam
Dosen
: Siska Sulistyorini, S.Pd.I, MSI

B. Deskripsi Isi

Ilmu Pendidikan Islam menjelaskan tentang: definisi, ruang lingkup, dan metode, wawasan kepribadian muslim, komponen, pelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatannya, problematika dan segi-segi,serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan pendidikan nasional.

CStandar Kompetensi dan Indikator Pembelajaran
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
1
Memahami konsep, ruang lingkup, dan sistem Pendidikan Islam.
Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam.
1.    Pengertian, Konsep Dasar, dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam.
2.    Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam.
3.    Sistem Pendidikan Islam.

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
2
Memiliki pemahaman tentang komponen Pendidikan Islam.
Menjelaskan komponen (unsure) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam.
4.    Komponen-komponen Pendidikan Islam.
5.    Peserta Didik dan Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.
3
Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya
Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya.
6.    Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.
7.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.
8.    Evaluasi dalam Pendidikan Islam.
4
Memahami tentang kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.
Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.
9.    Eksistensi dan Institusi Pendidikan Islam di Indonesia.
10.  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.

D. Indikator Pencapaian
Secara umum, indikator pencapaiannya adalah mahasiswa mampu Menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam. Menjelaskan komponen (unsur) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya. Menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.

E. Learning Outcome
Setelah melakukan diskusi dan bertukar pendapat tentang tema tema yang telah ditentukan, maka mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menguasai materi serta menuangkan hasil ide dan diskusinya ke dalam karya ilmiah berupa makalah ilmu pendidikan islam.  

F. Timeline Kegiatan
Pertemuan Ke
Tanggal Pertemuan
Topik Bahasan
1.
Rabu, 1 Maret 2017
Kontrak Perkuliahan
Pengertian Pendidikan Islam
ü  Konsep Dasar 
ü  Ruang Lingkup Pendidikan Islam.
ü  Hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional.
2.
Rabu, 8 Maret 2017
Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam
Tarbiyah, Taklim, Ta’dib
3.
Rabu, 15 Maret 2017
Komponen dan sumber Pendidikan Islam.
ü Pendidik dalam Pendidikan Islam
ü Peserta didik dalam Pendidikan Islam
ü Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam
ü Alat/ Sarana Pendidikan Islam
ü Lingkungan Pendidikan Islam
4.
Rabu, 22 Maret 2017
Personal Pendidikan Islam
Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Proses Belajar Mengajar
Evaluasi dalam Pendidikan Islam.
5.
Rabu, 29 Maret 2017
Peserta Didik dalam Pendidikan Islam
Etika Peserta Didik dalam Pendidikan Islam  
Karakteristuk Peserta Didik
Urgensi Pengenalan Peserta Didik
6.
Rabu, 5 April 2017
Sistem Pendidikan Islam
Kurikulum Pendidikan Islam
Prinsip-prinsip Pendidikan Islam.
7.
Rabu, 12 April 2017
Lembaga Pendidikan Islam  
Macam Macam Lembaga Pendidikan Islam  
Pengelolaan Administrasi Pendidikan Islam  
8.
Ujian Tengah Semester (UTS)
9.

Pembahasan Soal UTS
10.

Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.
Pendekatan dalam pendidikan islam
Metode pembelajaan pendidikan islam
11.

Evaluasi dan Pengembangan Dalam Pendidikan Islam
12.

Lingkungan  Pendidikan Islam
Pengertian Lingkungan Pendidikan Islam
Macam-Macam Lingkungan dan atmosfir Akademik
Pandangan Islam tentang lingkungan
13.

Relevansi Pendidikan Islam Terhadap Kemajuan Bangsa
Eksistensi Pendidikan Islam di Indonesia.
Moralitas di Indonesia
14.

Tokoh Islam dalam Pendidikan islam
15.

Overall Discussion
16.
Ujian Akhir Semester (UAS)

G. Tugas
     DOUBLE POCKET DISCUSSION
Dalam upaya pengembangan pembelajaran, maka setiap mahasiswa diharapkan aktif dalam melaksanakan diskusi wajib yang dijadikan sebagai tugas mingguan dengan tema-tema yang telah ditentukan.
Adapun tugas bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:
   FIRST POCKET 
1. Mahasiswa akan dibagi dalam 9  kelompok sesuai dengan tema bahasan. (Kelompok dan nama anggota ditentukan di halaman akhir dari RPS ini ).
2. Masing-masing kelompok wajib melaksanakan diskusi di awal perrtemuan pertama.
3. Setiap kelompok wajib mengisi jurnal diskusi yang telah disediakan.  
4. Pengisian jurnal dapat berupa tulisa tangan atau diketik.
5. Bahan yang akan didiskusikan dapat setidaknya mencakup:
ü Materi, teori inti yang berkaitan dengan tema.
ü Urgensi materi, manfaat materi.
ü Dalil, Nas Pendukung.
ü Materi pendukung yang lain.
ü Integrasi dengan keilmuan yang lain
ü Interkoneksi dengan isu-isu aktual.
6. Outcome dari diskusi kecil ini adalah membuat makalah yang SEMUA WAJIB  DIKUMPULKAN kepada Dosen MAKSIMAL PADA PERTEMUAN KEDUA. Berupa soft file pada siskasulistyoriniuii@gmail.com dan Hard copy tanpa di jilid (hanya di beri cover putih kertas A4 saja).    
7. KELOMPOK YANG TIDAK MENGUMPULKAN PADA PERTEMUAN KEDUA TIDAK AKAN MENDAPAT NILAI TUGAS (21%) 
8. Semua makalah akan dikompilasi dan semua mahasiswa diharapkan memiliki kopinya.

SECOND POCKET
1. Sebelum materi akan di bahas, setiap mahasiwa wajib melakukan diskusi di luar kelas/ di kos/ di pondok/ di rumah masing masing bersesuaian dengan materi yang akan di bahas.
2. Setiap kelompok wajib mengisi jurnal diskusi yang telah disediakan.  
3. Pengisian jurnal dapat ditulis atau diketik.
4. Kelompok wajib menjelaskan ulang tentang hasil yang telah didiskusikan dan di  bahas ulang di kelas.


H. Referensi

1. Abuddin Nata, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup
2. Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.
3. Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
4. M. Roqib, 2009 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis
5. Hasan, 2006, Muhammad Thalhah. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press
6. Azyumardi Azra, 2012, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.
7. Mohammad Daud Ali, 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
8. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
9. Abuddin Nata, 2012, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
10. Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
11. Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
12. Abudin Nata, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001.
13. Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
14. Tirtarahardja, Umar dan S. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
15. Abdul Aziz, Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.
16. Basnang Said, Pendidikan Plural (Upaya Mewujudkan Nehgeri Damai, Makassar: Yatma, 2011.
17. Dhofier, Zamachsyari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1982
18. Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
19. Said, M. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni, 1985.


I. Sistem Penilaian
No
Komponen Penilaian
Bobot
1
Tugas
21%
2
Partisipasi dalam kelas
15%
3
Presensi Kehadiran
14%
4
UTS
20%
5
UAS
30%

Total
100%

J. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran menggunakan ekspository learning, two way communication dalam pembelajaran online mapun offline serta aktif learning dalam pembelajaran offline dengan ditunjang oleh referensi  yang relevan.


                                                                                    Yogyakarta, 26 Februari 2017

1 komentar:

Cerpen #1 Senyum Sang Pembawa Roti

  “Ayolah   mi, bolehlaah… “terawang mata mommy seraya melepaskan anak 3 anak panah pasopati di jantung Sytsh.   Mata berwarna coklat dan ra...